Breaking News
Loading...
Tuesday, September 8, 2015

VLSM (Variabel Length Subnet Mask)

Pengertian VLSM

Sebuah cara pengelolaaan pengalamatan IP yang lebih terstruktur dibandingkan sekedar menggunakan FLSM (Fixed Length Subnet Mask). Dari kata variabel Length diartikan bahwa panjang prefix yang dihasilkan dan perhitungan pengelolaan alamat jenis ini akan bervariasi dibandingkan FLSM yang sifatnya tetap.


Ilutrasi VLSM

Manfaat VLSM

  • Efesien menggunakan Alamat IP yang dialokasikan sesuai dengan kebutuhan ruang host setiap subnet alamat IP tidak sia-sia, misalnya jaringan kelas C memungkinkan untuk memiliki 8 subnet.
  • Dukungan untuk summarizatin rute yang lebih baik karena VLSM mendukung pengalamatan desain hirarki sehingga secara efektif dapat mendukung agregasi rute, juga disebut summarization rute.
  • Data mengurangi jumlah rute dirouting table oleh jaringan subnet dalam satu ringkasan alamat.
  • Tidak semua protokol routing mendukung VLSM. Contohnya RIPv dan IGRP tidak mendukung sama sekali VLSM. Contoh protokol yang mendukung VLSM adalah RIPv2, EIGRP, OSPF, dan 15-15. 
Meskipun siftanya sangat fleksibel dan diminati oleh administrtor jaringan dalam penerapannya, penerapan VLSM ini harus teliti. Ketelitian ini diawalo dengan sebuah perncenaan yang matang atas jaringan yang dibentuk.


Sumber : Materi Pelajaran RBJ SMK Negeri 1 Majalengka

2 comments:

  1. Ok, lumayan. Diantara semua kamu yang paling rajin nulis. Tampilannya sudah menarik. Teruskan menulis ya!!

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan kata-kata yang Sopan dan Santun. (o)
Hargai orang lain jika ingin di hargai. :>)
Tunjukan jika anda orang yang taat peraturan @-)

 
Toggle Footer